Friday, October 10, 2008

saya dan dia

dia sedang mati-matian berjuang
dan dia bilang, orang-orang lain hanya bisa berbicara
berkoar-koar tanpa ada perbuatan
saya sendiri diam, tidak berbicara, tidak berbuat
tidak terjun dalam perjuangannya

jangan bilang saya bukan kaum-nya
karena tidak berjuang seperti dia dan kaum-nya
saya punya perjuangan saya sendiri, perjuangan yang kecil
yang untuk saya, butuh hati yang penuh --yang belum saya dapatkan--
bukan setengah hati, tiga perempat, bahkan sembilan puluh sembilan perseratus

perjuangannya kasat mata, tanggung jawab besar, untuk yang banyak
perjuangan saya lebih untuk diri saya sendiri, (mungkin) jelas tidak ada apa-apanya
sehingga mungkin 'derajat' saya tidak setinggi dia --saya sadari itu
tetapi sesungguhnya memang ada derajat itu?

dia dengan perjuangannya
saya dengan perjuangan saya
biar saya dan dia berbeda perjuangan,
tetapi saya dan dia sama-sama berjuang dengan hati

No comments: